Select Language

Minggu, 27 Januari 2013

TNI AL BANGUN REPLIKA KRI MATJAN TUTUL - 602

Jakarta,  TNI Angkatan Laut membangun replika Kapal Perang RI (KRI) Matjan Tutul-602 senilai Rp3 miliar yang ditempatkan di Museum Satria Mandala Pusat Sejarah TNI Gatot Subroto, Jakarta.

"Pembangunan replika KRI Matjan Tutul-602 ini sebagai penghargaan dan penghormatan TNI terhadap jasa pahlawannya yang telah gugur dalam pertempuran di Laut Aru, seperti Komodor Jos Soedarso," kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Madya TNI Marsetio di sela-sela peresmian replika KRI Matjan Tutul-602 di Jakarta, Selasa.

Menurut Kasal, pertempuran Laut Aru yang terjadi pada 15 Januari 1962 merupakan peristiwa bersejarah yang sarat dengan nilai-nilai heroisme, pengorbanan dan kejuangan yang patut diteladani oleh generasi penerus bangsa.

Dalam pertempuran melawan kapal perang Belanda, KRI Matjan Tutul-602 akhirnya tenggelam dan Komodor Jos Soedarso gugur bersama sejumlah prajurit TNI AL lainnya.

Menurut Kasal, tujuan pembangunan replika KRI itu untuk mengabadikan kisah kepahlawanan prajurit TNI yang terlibat dalam pertempuran di Laut Aru dan sebagai bentuk penghormatan generasi penerus kepada para pendahulu.

Selain sebagai pendorong semangat prajurit TNI AL, keberadaan replika KRI itu juga diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat untuk memelajari dan meneladani sosok Komodor Jos Soedarso yang memiliki semangat pantang menyerah, dan cinta tanah air.

Marsetio mengatakan, penambahan koleksi itu memiliki makna penting dalam rangka menambah wawasan dan pemahaman kepada generasi penerus bangsa tentang arti pentingnya nilai-nilai kejuangan dan pengorbanan kepada bangsa dan negara, sehingga rasa cinta tanah air dapat diwariskan dari generasi ke generasi.

Dalam acara peresmian itu juga dihadiri oleh mantan Kasal Laksamana TNI Soeparno, komunitas museum, Legiun Veteran RI, pejabat Kemendikbud dan mantan anak buah KRI Matjan Tutul.



Sumber : Antara

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner