Select Language

Minggu, 27 Januari 2013

DANREM 031 WIRABIMA KUNJUNGI PULAU TERLUAR RIAU

Meranti,  Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Teguh Rahardjo mengunjungi salah satu pulau terluar di Provinsi Riau, yakni Pulau Rangsang di Kabupaten Kepulauan Meranti yang berbatasan dengan Malaysia melalui Selat Melaka.

"Saya mendapat tugas penting untuk mengunjungi pulau terluar sebagai bentuk pengamanan di perbatasan," ujar Teguh Rahardjo di Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kepulauan Meranti, Kamis.

Dalam kunjungan resmi itu Danrem langsung didampingi oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Irwan Nasir dan Dandim 0303 Bengkalis, Letkol Inf. Sukirman Sulaiman. Kunjungan itu terkait rencana pembentukan koramil persiapan di kawasan perbatasan.

"Kawasan perbatasan mesti mendapat perhatian lebih, karena bentuk kejahatan seperti penangkapan ilegal maupun yang lainnya sangat marak di daerah perbatasan," sebutnya yang baru bertugas di Riau selama tujuh bulan itu.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Meranti Efialdi mengungkapkan bahwa Kepulauan Meranti sebagai sebuah kawasan perbatasan mengundang ancaman dari bentuk kejahatan di laut.

"Banyak pelabuhan-pelabuhan tikus, kurangnya sarana dan prasarana pengawasan menjadi alasan tepat kejahatan di laut merajalela," ungkapnya.

Menurutnya, berdasarkan laporan nelayan masih banyaknya praktek ilegal fishing di perairan hingga batas tiga mil menjadi masalah besar, belum lagi kasus narkoba, dimana Meranti sebagai salah satu pintu masuk barang yang dilarang tersebut.

"Jarak yang hanya sekitar 70 kilometer dari negara tetangga dan lemahnya pengawasan di kawasan perbatasan Meranti menjadi faktor penunjang praktek kejahatan tersebut," jelasnya.

Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan lokasi prioritas (lokpri) II dengan enam kecamatan, salah satunya adalah Kecamatan Rangsang Pesisir dengan Desa Tanah Merah dengan luas wilayah sembilan kilometer persegi dengan jumlah penduduk 1.854 jiwa yang dominan bermata pencaharian sebagai nelayan.



Sumber : Antara

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner