Select Language

Senin, 25 Mei 2015

Israel Akan Menerima Dua F-35 Tahun Depan

Israel memesan 33 jet tempur F-35 dari AS dan dua pesawat pertama akan tiba akhir 2016. (Getty Images/U.S. Navy photo courtesy Lockheed Martin)
Israel memesan 33 jet tempur F-35 dari AS dan dua pesawat pertama akan tiba akhir 2016. (Getty Images/U.S. Navy photo courtesy Lockheed Martin)

Washington, Wakil Presiden AS berjanji akan mengirim jet tempur F-35 untuk membantu negara itu mempertahankan kedigdayaan militernya di Timur Tengah.
Joe Biden mengatakan dalam satu perayaan Hari Kemerdekaan Israel bahwa Amerika Serikat akan mengirim F-35 ke negara sekutunya itu tahun depan.
Biden menegaskan bahwa AS bertekad untuk memastikan bahwa Israel akan mempertahankan “kedigdayaannya secara kualitatif”, dan menambahkan: “Tahun depan kami akan mengirim jet tempur tercanggih F-35 ke Israel, yang akan membuat Israel sebagai satu-satunya negara di Timur Tengah yang memiliki generasi ke lima pesawat tempur jenis ini.”
Kehadiran Biden dalam acara yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Israel di Washington merupakan salah satu upaya Gedung Putih mengendorkan ketegangan setelah terjadi perselisihan antara Presiden Barack Obama dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terkait perudningan nuklir Iran dan diplomasi Timur Tengah.
Hubungan kedua negara memburuk awal bulan lalu ketika Netanyahu menerima undangan Partai Republik untuk berpidato di Kongres AS, dimana dia dengan terbuka menentang upaya Obama mendapatkan kesepakatan dengan Iran terkait program nuklir negara itu.
Dalam acara itu Biden berusaha meyakinkan komitmen pemerintah Obama untuk mencapai kesepakatan akhir perundingan nuklir Iran yang menjamin keamanan Israel.
Dia menegaskan “tidak akan ada kesepakatan” kecuali Iran menyepakati pemeriksaan internasonal: “Jika Iran curang,” ujarnya, “Amerika Serikat akan mempertahankan semua opsi yang ada.”
Terkait hubungan AS-Israel, Biden mengakui bahwa “kami memiliki perbedaan” tetapi menambahkan bahwa “kami saling melindungi.”
Obama, yang juga menghadapi keluhan dari sejumlah anggota Partai demokrat yang memandang pertikaian itu sudah terlalu jauh, baru-baru ini merangklu kelompok-kelompok pro-Israel AS dan para pemimpin Yahudi dalam upaya menenangkan kekhawatiran mereka terkait dukungannya pada Israel.
Biden mengatakan bahwa Obama “mengatakan akan menjaga Israel dan kalian harus percaya itu.”
Israel membeli 19 jet jenis F-35 senilai US$2,75 miliar dan pada Februari menandatangani kontrak pembelian 14 pesawat buatan Lockheed Martin Corp itu dengan harga US$3 miliar.
Dua pesawat F-35 akan tiba pada akhir 2016 dan keseluruhan pesawat pesanan itu akan tiba pada 2021. (CNN Indonesia)

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner