Select Language

Rabu, 27 Mei 2015

KRI SULTAN ISKANDAR MUDA-367 LATIHAN BERSAMA 6 NEGARA DI LAUT MEDITERANIA

KRI SULTAN ISKANDAR MUDA-367 LATIHAN BERSAMA 6 NEGARA DI LAUT MEDITERANIA
Sebagai salah satu bentuk profesionalisme dan komitmen terhadap pelaksanaan tugas, Maritime Task Force (MTF) UNIFIL secara rutin melaksanakan kegiatan latihan dengan melibatkan unsur-unsur yang berada dibawahnya. Mengacu kepada hal tersebut, pada hari Rabu tanggal 29 April 2015 dari pagi hingga petang hari, dilaksanakan beberapa bentuk latihan sesuai yang telah direncanakan dalam Training Schedule yaitu Naval Parade dan Photoex.
Parade diikuti oleh 7 kapal perang dari 6 negara yang tergabung dengan MTF. Kapal-kapal tersebut yaitu BRS Constituicao F-42 (Brasil), BNS Ali Haider F-17 (Bangladesh), KRI SIM-367 (Indonesia), FGS Erfurt F-262 (Jerman), TCG Bora P-338 (Turki), BNS Nirmul P-813 (Bangladesh) dan HS Xenos P-27 (Yunani), ditambah dengan 2 kapal perang Lebanese Armed Forces (LAF) Navy yaitu Trablous dan Tabarja. Kegiatan latihan mengambil lokasi di perairan Mediterania di sepanjang wilayah teritorial Lebanon.
Latihan pertama yang dilaksanakan yaitu Naval Parade, sebuah bentuk latihan yang melibatkan pergerakan beberapa kapal perang dengan formasi, track dan kecepatan yang telah ditentukan. Rute lintasan parade yang dilaksanakan pada pagi hari sampai menjelang tengah hari tersebut dimulai dari perairan barat Jounieh dan berakhir di perairan barat La Raouche, Beirut. Formasi yang dilaksanakan selama Naval Parade adalah formasi garis tunggal dimana KRI Sultan Iskandar Muda-367 menempati urutan kapal ke 4.
Pada siang harinya, dilaksanakan sequence kegiatan latihan kedua yaituTactical Manuevering Exercise yaitu latihan pembentukan-pembentukan formasi dengan manuver kapal-kapal. Sedangkan serial latihan ketiga yaitu Photo Exercise atau Photoex berupa pengambilan dokumentasi seluruh unsur yang melaksanakan formasi latihan yang telah ditentukan. Pengambilan gambar dilaksanakan dengan menerbangkan heli Linx dari kapal perang Brasil BRS Constituicao F-42.
Seluruh kegiatan latihan dipantau dan diawasi langsung oleh MTF Commander RADM Flavio Macedo Brasil yang berada di BRS Constituicao F-42. Selesai pelaksanaan seluruh kegiatan, MTF Commander melalui jaring komunikasi latihan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada seluruh unsur yang terlibat. Setelah latihan ditutup, seluruh unsur kembali menempati zona patrolinya masing-masing.
(Pen Satgas MTF KongaXXVIII-G)
Sumber : Dispenal Mabesal

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner