Select Language

Minggu, 03 Mei 2015

LAPAN Ikuti Sidang Komisi Bersama Ke-10 Indonesia-Rusia

LAPAN mengikuti Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-10 RI dan Rusia untuk kerja sama perdagangan, ekonomi, dan Teknik. Sidang berlangsung di Moscow dan Kazan, Rusia, pada 7 hingga 9 April 2015.
Dalam sidang ini LAPAN mengirimkan Kepala Biro Kerjasama, Agus Hidayat, untuk menjadi bagian dari delegasi RI (DELRI) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofjan Djalil. Anggota delegasi RI lainnya terdiri dari para pejabat yang mewakili Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Duta Besar RI untuk Rusia, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi Kalimantan, Kamar Dagang Indonesia, perbankan, dan pengusaha dari berbagai sektor.
Di bidang teknik, kerja sama RI dan Rusia antara lain di bidang keantariksaan, teknologi pesawat terbang, dan teknologi nuklir untuk tujuan damai. Keikutsertaan LAPAN dalam SKB ini terkait dengan rencana kerja sama pemanfaatan antariksa untuk tujuan damai. Kerja sama tersebut telah diinisiasi sejak 2011 oleh LAPAN dan lembaga antariksa Rusia, ROSCOSMOS. Kedua instansi sepakat memasukkan paragraf baru ke dalam agreed minutes tentang kerja sama di bidang pemanfaatan satelit navigasi Rusia, Glonass. Keduanya juga sepakat untuk menghapus paragraf tentang kerja sama di bidang Air Launch.
Selain itu, Indonesia dan Rusia sepakat untuk melanjutkan rencana kerja sama di bidang penelitian dan pemanfaatan antariksa untuk tujuan damai, khususnya di bidang pemanfaatan satelit navigasi Glonass. Kedua negara juga sepakat untuk terus berkonsultasi guna merumuskan langkah-langkah pelaksanaan kerja sama.
Sumber : Lapan

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner