Select Language

Sabtu, 15 Februari 2014

Pesawat Baru TNI Pamer Aksi di Lanud Halim

Metrotvnews.com, Jakarta: Empat pesawat baru milik TNI, T-50i Golden Eagle, bersama dua pesawat sukhoi menjajal kemampuannya di langit Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Golden Eagle merupakan seri 16 pesawat tempur teranyar milik TNI dari Korea Selatan dan baru diserahkan ke TNI Kamis (13/2).

Keenam pesawat tersebut membentuk formasi Delta di langit Halim. Empat Golden Eagle berada di tengah, sedangkan Sukhoi mengiringi di sampingnya.

Mereka melintas di atas tenda tamu yang berada di sisi landasan. Hal ini untuk memberi hormat kepada jajaran tamu, salah satunya presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Para tamu pun bertepuk tangan menyaksikan kegagahan pesawat-pesawat tersebut di udara.

Aksi ini berlangsung sekitar sepuluh menit, dari 11.00-11.10 WIB. Ketika mendarat, pesawat T-50i disambut dengan siraman air dari dua mobil pemadam kebakaran di sisi landasan. Hal ini merupakan tradisi TNI AU menyambut pesawat barunya.

Sebagai pesawat tempur, Golden Eagle memiliki spesifikasi yang mumpuni. Pesawat ini ditenagai dengan mesin General Electric F404-GE-102 yang mampu menghasilkan daya dorong 17.700 pounds dengan after burner, dan 11.000 pounds dengan tenaga mil power.
Kecepatan maksimalnya mencapai 1,5 Mach atau 1,5 kali kecepatan suara (1600 km/jam). Bobot maksimal pesawat 14 ton tapi mampu menanjak hingga ketinggian maksimal 55.000 kaki dari permukaan laut.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner