Select Language

Rabu, 03 Juli 2013

TNI AL TERIMA 2 KAPAL PATROLI BARU

Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Sru Handayanto menyerahkan dua unit kapal patroli keamanan laut jenis KAL tipe-28 yang diberi nama KAL II-I-62-Sinabang dan KAL II-4-55 Sengiap guna memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut  kepada Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Agus Heryana di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (11/6/2013).

Kedua KAL ini merupakan produksi Tesco Indo Maritim yang memiliki kecepatan maksimal 28knots dan mempunyai  bahan kontruksi aluminium alloy AL5083-H116 pada hull dan super struktur dengan rancang bangun futuristik, sehingga dapat mengoptimalkan  kecepatan dan kelincahan manuver. 

KAL II-I-62-Sinabang nantinya akan diserahkan ke Lantamal I Belawan dan dioperasikan oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Simeule, sedangkan  KAL II-4-55 Sengiap akan diserahkan Lantamal IV Tanjung Pinang untuk dioperasikan oleh Pangkatan Angkatan Laut (Lanal) Ranai, Natuna, Kepulauan Riau. Saat ini, kedua kapal tersebut telah siap dalam rangka memperkuat kegiatan operasi dalam mengamankan wilayah perairan laut khususnya di wilayah kawasan yang menjadi tanggung jawab Lanal Ranai dan Lanal Simelue.

Dalam sambutannya, Aslog Kasal Laksda TNI Sru Handayanto menegaskan bahwa dengan melihat luasnya wilayah tanggung jawab dihadapkan pada ancaman aktual dan keterbatasan alokasi anggaran pertahanan matra laut terutama untuk pengadaan kapal perang kombatan yang relatif mahal, diharapkan dengan adanya keberadaan kedua KAL tersebut akan dapat meningkatkan pengamanan perairan.

“Dengan adanya penambahan beberapa KAL ini  diharapkan dapat memenuhi tuntutan tugas-tugas kekamlaan di wilayah Perairan Lanal Simeulue dan Lanal Ranai, sekaligus dapat memberikan motivasi dan spirit serta meningkatkan kinerja kedua Lanal tersebut,” ujar Aslog.

Dalam kesempatan tersebut, juga dikukuhkan jabatan sebagai Komandan dari kedua kapal tersebut yaitu Kapten Laut (P) Teguh Budi Santoso yang menjabat sebagai KAL II-I-62-Sinabang dan Lettu Laut (P) Miftohul Hadi P. yang menjabat sebagai Komandan KAL II-4-55 Sengiap.
Sumber : TNIAL

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner