Jakarta -  Perkembangan internet membuat Indonesia berkembang menjadi desa global, kata Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Eko Maryadi di Jakarta, Selasa.

Menurut Eko pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 55 juta orang yang 70 persen diantaranya mengakses internet melalui ponsel. Keadaan ini membuat masyarakat terlibat aktif dalam media online dan media sosial.

"Penggunaan ponsel juga tumbuh menjadi 250 juta ponsel, setara dengan populasi penduduk Indonesia. Dengan berkembangnya ponsel pintar, Indonesia juga menjadi pasar internet yang potensial," tuturnya pada Konferensi Tahunan Media Online yang diadakan AJI Indonesia tadi siang.

Masyarakat Indonesia dikenal adaptif terhadap internet, terbukti dengan penggunaan Facebook (peringkat empat dunia) dan Twitter (peringkat lima dunia), kata Eko.

Demografi pengguna internet dan perkembangan teknologi informasi telah mendorong revolusi etika digital, termasuk etika berberita atau jurnalistik, lanjut dia.

"Dengan berkembangnya media online, muncul pertanyaan apakah tradisi etika jurnalistik masih relevan? Apakah perlu landasan baru termasuk untuk media sosial? Bagaimana dengan keterlibatan masyarakat dalam media online," kata Eko merujuk telah berubahnya pendekatan dan tanggung jawab kerja jurnalistik di era digital ini.