Select Language

Jumat, 28 Oktober 2016

TNI Angkatan Udara Berencana Membeli C-27 J Spartan

C-27J Spartan.
C-27J Spartan.

TNI Angkatan Udara berencana mengganti pesawat C-212 Aviocar yang sudah dioperasionalkan oleh Skuadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, selama 35 tahun.

Skuadron Udara 4 Lanud Abdulrakhman Saleh melaksanakan misi operasi dukungan udara (Ops Dukud) seperti operasi SAR terbatas, mendukung sekolah navigator, dan kursus pengenalan terbang pesawat angkut (KPTPA).
Ops Dukud menjadi belum optimal karena kesiapan pesawat C-212 Cassa Aviocar terus menurun. Keterbatasan suku cadang dan makin banyaknya spare part C-212 Aviocar yang sudah absolete, menjadikan tugas Skuadron udara 4 makin berat sehingga diperlukan pesawat pengganti yang berperformanya lebih tinggi.
Berdasarkan hasil kajian, pesawat C-27 J Spartan memiliki performa yang sesuai dengan operational requirement (Opsreq) pesawat TNI Angkatan Udara, khususnya untuk misi Ops Dukud pesawat angkut sedang.
Pesawat buatan Alenia Aeronautica Italia ini mampu take off landing di unprepared surface dan di landasan pacu yang relatif pendek, dengan kemampuan membawa maksimum load yang besar. Kemampuan ini cocok dengan kebutuhan misi Skuadron Udara 4 untuk pergeseran personel dan logistik ke berbagai daerah yang tidak mungkin didarati pesawat angkut berbadan lebar.
Saat ini, rencana penggantian pesawat C-212 Cassa Aviocar dalam proses pengusulan ke Mabes TNI untuk selanjutnya dibahas dalam tim kecil di Kementerian Pertahanan.

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner