Select Language

Jumat, 28 Oktober 2016

Avtomat Podvodnyj Spetsialnyj – Senapan Serbu Bawah Air Rusia

1036311619
Senapan serbu bawah air Rusia atau Avtomat Podvodnyj Spetsialnyj atau pihak NATO menyingkatnya sebagai APS pertama kali dirancang pada tahun 1970-an, dan produksi oleh pabrik TsNIITochMash.
Senapan serbu APS sudah disebarkan pada ribuan anggota pasukan khusus Spetnaz dan pasukan bawah air Soviet pada tahun 1970-an. Kala itu Soviet sangat ingin membangun kekuatan Angkatan Lautnya menjadi yang terbesar di dunia, menyaingi kekuatan Angkatan Laut AS. Dengan kekuatan lebih dari 300 kapal selam dan hingga 50 kapal selam yang berlayar di laut setiap saat. Tentu saja, dengan armada kapal selam terbesar di dunia, semua usaha Soviet akan sia-sia tanpa kekuatan pasukan komando bawah air yang besar dengan persenjataan khususnya yang kuat.
Vladimir Simonov, insinyur muda yang sebelumnya telah merancang pistol bawah air SPP-1, berhasil merancang senapan serbu bawah air yang sederhana namun cukup mematikan digunakan oleh pasukan komando Soviet.
aps_diagram
Sederhananya senjata rancangan Simonov karena terdiri dari 42 part. Secara keseluruhan senapan APS sangat mirip dengan senapan AK-47. Sangat ringan, kompak dan hanya memiliki panjang 24 inchi, senapan sangat sempurna untuk disimpan di glovebox kapal selam mini Soviet.
aps_dart_penetration_tests
Hasil uji coba tembak senapan serbu bawah air APS, mampu menembus tabung besi oksigen, lempengan besi dan lapisan beton.
Mematikan karena senapan APS mampu meluncurkan amunisi yang berbentuk anak panah baja berkaliber 5.66 mm x120 mm sebanyak 600 amunisi per menit dengan jangkauan 30-40 meter tergantung kedalaman air.
Pada tahun 2000 dengan kemampuannya yang terbatas, Rusia mulai mengganti senapan serbu APS yang digunakan pasukan khusus Spetsnaz dengan senapan serbu multiguna ASM-DT. Senapan hibrida kaliber 5.45x39mm yang bisa menembakkan amunisinya di bawah air atau diatas permukaan air.
Sumber: www.jakartagreater.com/

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner