Select Language

Rabu, 15 April 2015

Tercapai kesepakatan kerangka kerja nuklir Iran

Perundingan nuklir Iran
Sebuah garis besar kesepakatan tentang program nuklir Iran sudah tercapai setelah perundingan maraton antara enam kekuatan dunia dengan Iran di Lausanne, Swiss.
Iran, Amerika, Serikat, dan Jerman mengatakan bahwa jalan keluar ditemukan lewat proses perundingan yang alot sementara kesepakatan yang menyeluruh akan disusun pada 30 Juni mendatang.
Lewat pesan Twitter, Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, menulis “Jalan ke luar ditemukan, siap untuk segera menyusun rancangan.”
Sementara Menteri Luar Negeri Jerman, Frank-Walter Steinmeier, juga di Twitter mengatakan “Kesepakatan kerangka kerja untuk kesepakatan akhir dicapai.”
Pesan Twitter Menlu AS, John Kerry, berisi “Hari yang besar… Kembali bekerja untuk kesepakatan akhir.”
Sedangkan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menulis di Twitter “Setiap kesepakatan harus secara signifikan berperan memundurkan kapabilitas nuklir Iran dan menghentikan terorisme serta agresinya.”
Sebelumnya Netanyahu mengatakan setiap kesepakatan nuklir apapun yang dicapai akan menjadi ancaman bagi Israel.
Perundingan digelar antara yang disebut sebagai P5+1 -lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman- dengan Iran ini ditujukan untuk menjamin agar pemerintah Teheran tidak mengembangkan senjata nuklir.
Namun Iran berulang kali menegaskan program nuklirnya untuk kepentingan damai.
Perundingan di Lausanne ini awalnya dijadwalkan berakhir pada Selasa 31 malam namun diperpanjang oleh menlu AS. (bbc.co.uk)

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner