Select Language

Rabu, 29 April 2015

F-16 Terbakar, Pembaretan Jokowi Tak Terganggu

@SonoraFM92
@SonoraFM92

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo diangkat sebagai Warga Kehormatan Pasukan Khusus TNI oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko. Pengangkatan ini akan dilakukan secara simbolik dengan pemasangan baret dan jaket Mabes TNI.
Panglima TNI didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna.
Acara apel kebesaran ini digelar di Lapangan Merah Plaza TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (16/4).
Pengangkatan Presiden sebagai Warga Kehormatan Pasukan Khusus TNI ini diatur dalam UUD 1945 Pasal 10 yang menyatakan bahwa presiden memegang kekuasaan tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.
Dalam acara ini TNI melibatkan 6.450 personel yang terdiri dari 750 personel Mabes TNI, 2.100 personel TNI AD, 2.050 personel TNI AL, dan 1.550 personel TNI AU.
Mabes TNI juga menggelar alat utama sistem pertahanan yang dimiliki berupa MBT Leopard 2A7 sebanyak dua unit, Panser Tarantula Canon sebanyak dua unit, Panser Intai Komando sebanyak dua unit, Rudal Grom TNI AD sebanyak dua pucuk, Meriam-155 MM KH 179 TNI AD sebanyak dua pucuk, BMP 3F Marinir sebanyak dua unit, LVT 7 Marinir sebanyak dua unit, Roket RM-70 Grad sehanyak dua unit, APC 6×6 Anoa sebanyak dua unit, Panser APS Anoa 6×6 sebanyak dua unit, dan Heli Super Puma sebanyak satu unit.
Tak hanya itu, dipamerkan pula Pesawat Fly Pass F-16 sebanyak empat unit, Heli Bell 412 sebanyak empat unit, Heli BO-105 Bolcow sebanyak satu unit, Heli Colibri sebanyak empat unit, Heli MI-35 sebanyak dua unit, Pesawat CN-295 sebanyak satu unit, Peterjun Free Fall Tri Matra, Kopassus, Marinir, dan Paskhas sebanyak 20 orang.
Salah satu pesawat F16 yang dijadwalkan ikut fly pass acara bernomor ekor TS-1643 pagi ini diketahui gagal lepas landas dan terbakar di landasan pacu Bandara Halim Perdana Kusumah. Namun insiden ini tak mengganggu acara pengangkatan Presiden sebagai anggota kehormatan TNI.
Tampak hadir dalam acara ini beberapa menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Agama Lukman Hakim, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan, dan Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman.
Selain itu, hadir pula Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, dan Ketua DPD Irman Gusman.
Pesawat F-16 Gagal Terbang di Halim Perdanakusuma
Sebuah pesawat tempur berjenis F16 gagal lepas landas lalu terbakar di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Kamis pagi ini. Menurut keterangan dari Mayor Dodo Agusprio Kepala Urusan Penerangan Pasukan dan Umum Halim Perdanakusuma insiden terjadi pada pukul 08.30 WIB.
Pesawat F16 dengan tail number TS-1643 rencana akan melaksanakan miss Fly Pass pembaretan dungeon cute Halim Perdanakusum menage Markas Besar TNI dan kembali ke Halim Perdanakusuma. “Pesawat saat itu tak mau naik, lalu terbakar dan sempat terjadi ledakan,” kata Dodo saat dihubungi CNN Indonesia.
Saat ini menurut Dodo pilot yang membawa pesawat tempur itu mengalami luka bakar ringan, di lutut kiri dan kanan, serta mengalami cedera punggung. Hingga saat ini landasan sudah bisa digunakan. Pesawat F16 yang terbakar itu, kini ditutupi terpal. “Kami masih menunggu investigasi soal insiden ini,” kata Dodo.
Dodo mengatakan penyebab dari insiden ini tak bisa diprediksi dalam waktu dekat. Semua pihak harus menunggu hasil investigasi dari otoritas berwenang. Saat ini, ada larang tak boleh mengambil foto dan mendekati wilayah insiden yang sebenarnya berdekatan dengan pemukiman warga. (CNN Indonesia)

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner