Select Language

Rabu, 15 April 2015

Rusia sambut pengakuan atas hak nuklir damai Iran

Moskow,  Rusia pada Kamis menyambut kesepakatan membatasi upaya nuklir Iran, menyebutnya pengakuan atas hak tanpa syarat Iran mewujudkan nuklir untuk warga.
Kesepakatan itu berisi pokok, yang diajukan Presiden Rusia Vladimir Putin, yakni hak tanpa syarat Iran untuk kegiatan nuklir damai,” kata pernyataan Kementerian Luar negeri Rusia.
Iran dan kekuatan dunia pada Kamis menyepakati kesepakatan bersejarah untuk membatasi upaya nuklir Teheran sesudah delapan hari perundingan di Swiss.
Menurut Moskow, kesepakatan itu memungkinkan Teheran melaksanakan pengayaan uranium di bawah pengawasan antarbangsa dan pencabutan semua hukuman terhadap Iran.
Tidak diragukan bahwa kesepakatan itu memiliki dampak bagus pada keseluruhan keamanan di Timur Tengah, termasuk kenyataan bahwa Iran akan mampu berperan lebih giat dalam penyelesaian sejumlah masalah dan kemelut di kawasan tersebut,” kata kementerian Rusia itu.
Kesepakatan antarbangsa itu membuktikan bahwa diplomasi dan politik memungkinkan penyelesaian masalah dan kemelut paling sulit, kata Moskow.
Kelompok disebut P5+1 itu -Amerika Serikat, Inggris, Tiongkok, Prancis dan Rusia ditambah Jerman- menyetujui kesepakatan dengan Teheran dengan harapan bahwa itu akan membuat Iran hampir tidak mungkin membuat senjata nuklir dengan kedok kegiatan untuk warga.
Itu menandai terobosan besar dalam kebuntuan 12-tahun Iran dengan Barat, yang lama mengkhawatirkan Teheran membuat bom nuklir, yang dengan keras dibantah Iran.
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon pada Kamis mengucapkan selamat kepada enam negara besar dunia dan Iran atas pencapaian kesepakatan kerangka kerja politik dalam pembicaraan nuklir itu.
Dalam pernyataan disiarkan juru bicaranya, Sekretaris Jenderal PBB itu menyatakan kesepakatan tersebut melicinkan jalan bagi rencana kegiatan gabungan menyeluruh, yang bersejarah, yang direncanakan dicapai selambat-lambatnya pada 30 Juni.
“Itu akan menghormati hak dan kebutuhan Iran dan pada saat sama memberi jaminan kepada masyarakat dunia bahwa kegiatan nuklirnya bersifat damai,” kata pernyataan tersebut.
Ban menyatakan percaya bahwa penyelesaian menyeluruh melalui perundingan bagi masalah nuklir Iran memberi sumbangan bagi perdamaian dan ketenangan kawasan itu dan memungkinkan semua negara bekerjasama guna menangani banyak ancaman keamanan, yang mereka hadapi, demikian AFP. (ANTARA News)

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner