Select Language

Minggu, 25 Mei 2014

Soal Cina, Indonesia Wajib Tiru Vietnam

140515085958-vietnam-china-protest-factory-2-story-top
Hanoi (www.lasdipo.com)- Fakta Cina kafir sebagai lintah darat dan parasit penghisap pribumi memang sudah menjadi label internasional. Rakyat Vietnam yang sadar dengan permainan cukong Cina tak kuasa melihat haknya diacak-acak Overseas Chinese.
Vietnam diguncang kerusuhan massal yang merata di seluruh negeri. Rakyat Negeri Paman Ho yang kelewat marah melakukan demo untuk mengusir orang-orang Cina keluar dari Vietnam.
”Mereka menguasai harta benda kami dan menjadikan kami sebagai budaknya,” tukas seorang warga Hanoi yang ikut turun ke jalan, 24 Mei 2014.
Pemerintah Cina sendiri tak tinggal diam dengan aksi pribumi Vietnam. Cina mengirimkan lima kapal untuk mengevakuasi ribuan warga keturunannya dari Vietnam. Satu kapal Cina yang mengangkut 3.000 warganya dari Vietnam sudah berlabuh di Hainan.
Selain lewat laut, Cina juga mengirimkan pesawat. Salah satu pesawat Cina bahkan mengangkut 16 warganya yang semua dalam kondisi kritis akibat menjadi sasaran kemarahan warga Vietnam.
Dalam insiden terakhir akhir pecan ini, dua warga Cina dilaporkan tewas di Provinsi Ha Tinh dan ratusan warga Cina luka parah. Warga Ha Tinh tak bisa menahan amarah akibat tindakan warga Cina yang kelewat batas mencekik pribumi.
Cina memang amat tamak dan arogan. Beberapa waktu lalu, Beijing meresmikan pembangunan kilang minyak di Laut China Selatan yang masih menjadi sengketa antara Cina dan Vietnam. Cina bahkan menempatkan ratusan kapal perang dan menetapkan ”zona usir” sejauh tiga mil dari kilang baru itu. Kapal mana saja yang mendekat di radius itu, harus siap menerima kiriman missile dari kapal perang Cina.
”Kami tidak takut menghadapi masalah ini,” tukas Jenderal Feng Fenghui, Kepala Staf Militer Cina di Beijing saat berkomentar soal konflik dengan Vietnam.
Vietnam sendiri dikenal sebagai negara Komunis yang amat membatasi kebebasan warganya, termasuk urusan demo. Namun, khusus untuk demo Anti-Cina, pemerintah Vietnam tak bisa berbuat apa-apa. Berbagai demo Anti-Cina rata-rata berakhir dengan rusuh. Polisi Vietnam yang berusaha mengendalikan demo bahkan sering menjadi korban luka di samping para warga Cina pendatang.
Kebencian warga Vietnam kepada Cina memang ibarat bisul menahun yang tinggal menunggu pecah. Sektor-sektor ekonomi Vietnam memang bermuara ke kantong para cukong Cina. Hampir seluruh lini kehidupan warga Vietnam dikuasai oleh Cina. Gimana Indonesia? Harusnya lebih pantas untuk Anti-Cina kafir.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner