Select Language

Senin, 14 Juli 2014

Tim Pokja Bentukan KKP Susun Roadmap dan Buku Panduan MEA 2015

Ilustrasi rumah jaga karamba ikan kerapu. (Foto: Biru Voice)

Penulis: Tinu Sicara
Jakarta, JMOL ** Tim Pokja yang dibentuk Kementerian Kelauatan dan Perikanan akan segera menyusun roadmap MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015 sektor kelautan dan perikanan yang nantinya diimplementasikan.
Tak hanya itu, tim ini pun akan menyusun buku panduan MEA 2015 sektor KP, yang akan dijadikan bahan sosialisasi MEA 2015 kepada seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk ke beberapa daerah yang paling rentan terhadap dampak MEA 2015.
Dalam penyusunan roadmap dan buku panduan MEA 2015 sektor KP tersebut memuat program kerja prioritas dan regulasi yang diperlukan untuk mengakselerasi persiapan sektor KP. Diharapkan, mampu memanfaatkan peluang secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.
Selama kurun waktu tiga bulan ke depan, penyusunan roadmap dan buku panduan MEA 2015 sektor KP ditargetkan selesai. Selain, menyusun, KKP berjanji melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi roadmapMEA 2015.
Sebelumnya, KKP telah mempersiapkan Rancangan Instruksi Presiden (Inpres) tentang Peningkatan Daya Saing Nasional dalam menghadapi MEA Sektor Kelautan dan Perikanan.
Menurut Sekjen KKP, Sjarief Widjaja, KKP secara khusus perlu segera mengidentifikasi tindakan prioritas dan menyusun program akselerasi guna meningkatkan kesiapan sektor kelautan dan perikanan (KP) menghadapi MEA 2015, sekaligus mengantisipasi dampak pasar bebas kawasan ASEAN yang akan dimulai pada 31 Desember 2015.
"Sejalan dengan hal tersebut, KKP akan terus melakukan kegiatan sosialisasi MEA kepada masyarakat kelautan dan perikanan Indonesia secara intensif guna meningkatkan kesadaran tentang pentingnya MEA, sehingga akan mengarah kepada peningkatan kesiapan dalam menghadapi MEA pada 2015,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner