Select Language

Rabu, 02 Juli 2014

Bekerja Sama dengan Kemenhub, Kolinlamil Sediakan KRI untuk Angkutan Lebaran

Peringatan HUT Kolinlamil ke-53. (Foto: TNI AL)

Penulis: Adityo Nugroho
Jakarta, JMOL ** Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menyediakan angkutan mudik lebaran. Hal itu disampaikan Panglima Kolinlamil, Laksamana Muda TNI Arie Sembiring, usai upacara militer memperingati HUT Kolinlamil ke-53 di Lapangan Apel Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin (1/7).
“Kita sudah mempunyai kerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk mendukung kelancaran mudik lebaran. Kita akan menyiapkan kapal untuk membantu mudik lebaran, “ kata Arie.
Rencananya, dua KRI akan diturunkan, mendukung kelancaran mudik lebaran. Namun, belum ada keterangan, KRI mana saja yang dimaksudkan.
Mekanisme kerja sama antara TNI AL, khususnya Kolinlamil, dengan Kemenhub, menyangkut pengangkutan pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan rute Jakarta-Semarang- Surabaya. Jadwal program ini akan diumumkan beberapa hari menjelang lebaran.
“Untuk sosialisasi program akan dilakukan beberapa hari sebelum lebaran, dan ini terbuka untuk umum,” paparnya.
Soal anggaran dari program ini tentunya ditopang oleh Kemenhub dan TNI AL, hanya saja tidak disampaikan pasti, berapa total anggaran yang diperlukan.
“Kami ini hanya menyediakan kebutuhan berupa kapal yang dibutuhkan oleh Kemnehuhub untuk memperlancar arus mudik. Masalah anggaran tentu sudah ada dari kedua intansi,” tutur Arie.
Saat ini, Kolinlamil memang sedang berbenah dalam pengadaan kapal dan membutuhkan banyak kapal baru untuk kebutuhan ke depan, serta akan memperbarui seluruh alutsista yang ada untuk meningkatkan pelayanan pada kebutuhan keamanan masyaakat.
Sejauh ini, Kolinlamil juga aktif menyelenggarakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Salah satunya, pengangkutan mudik lebaran. Ada juga Operasi Surya bhaskara jaya, Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB), Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara, Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB), Bina Taqwa Pelajar Indonesia (BTPI), dan Pembinaan Pramuka Saka Bahari.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner