Select Language

Rabu, 02 Juli 2014

Mendesain Kapal Kini Lebih Mudah dan Murah dengan Maxsurf

Desain kapal dengan Maxsurf. (Foto: Avaxsearch)

Penulis: Andri Rezeki
Jakarta, JMOL ** Baru baru ini, sebuah produsen software, Bentley, mempromosikan produk software untuk desain kapal, bernama Maxsurf. Sebagai salah satu jenis dari banyak software untuk perancangan model kapal dan bangunan lepas pantai (offshore) secara umum.
Mengapa harus Maxsurf? Secara teknis, menggunakan Maxsurf lebih mudah dibandingkan menggunakan program software lain. Bentley mengklaim, penggunaan Maxsurf jauh lebih efektif karena terdapat perhitungan langsung volume lambung kapal pada komputer maupun laptop dengan resolusi rendah serta kapasitas yang kecil.
"Mendesain menggunakan Maxsurf terkait perhitungan volume lambung kapal, jauh lebih efektif, karena program ini telah dirancang sedemikian rupa, sehingga desainer kapal mudah menghitung kalkulasi apa saja yang dibutuhkan dalam perancangan kapal," ujar Philip Christensen, Bentley’s Vice President Offshore, kepada JMOL, beberapa waktu lalu, di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Ia menjelaskan, dalam perancangan desain kapal, dapat dihitung seluruh perhitungan tonase kapal, termasuk sistem-sistem yang ada di kapal.
Hal senada diungkapan Managing Director Caidmark, Assanah bin Mohd Mydin. Caidmark adalah perusahaan reseller software Bentley untuk Malaysia dan Indonesia.
“Sebenarnya, Maxsurf ini sebagai Windows untuk desain kapal. Dari segi harganya yang termurah sekali lah dari tipe software-software lainnya, dan mudah untuk digunakan,” ujar Assanah.
Ia mengklaim, banyak desainer kapal di Indonesia dan di Malaysia menggunakan Maxsurf. Jauh lebih efektif, terutama untuk perhitungan stabilitas kapal, sehingga Marxsurf menjadi pilihan yang tepat.
Dari segi harga, lanjut dia, perusahaannya akan memberikan potongan harga menarik. Siapa pun dapat menggunakan atau mencoba program Maxsurf selama 30 hari (trial) dan dapat langsung diunduh dari www.formsys.com atau www.caidmark.com.my
“Dari segi harga, misalnya, universitas bisa sewa US$ 1.000 dalam setahun, dan semua mahasiswa bisa menggunakan secara Cuma-cuma sepanjang mahasiswa itu belajar di universitas, dan dia juga bisa mengunduh. Tapi kalau umum, bisa mengunduh dari website dan menggunakanya dalam waktu 30 hari saja,” katanya.
Asssanah mengatakan, selain Maxsurf, ada software tambahan yang dapat digunakan desainer, yakni Moses, kelanjutan software untuk perhitungan hidrostatik kapal.
“Untuk tambahan software berupa Moses, sebagai advance untuk perhitungan hydrostatic,” pungkas Assanah.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner