Select Language

Kamis, 28 Agustus 2014

Panglima TNI ingatkan anggota DPR, jangan salah buat kebijakan

Panglima TNI ingatkan anggota DPR, jangan salah buat kebijakan

Merdeka.com - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko hadir sebagai pemateri pada kegiatan Pembekalan dan Pemantapan Wawasan Kebangsaan bagi Anggota DPR RI periode 2014-2019. Acara digelar di Aula Dwi Warna Purwa Lemhannas RI.

Moeldoko menyampaikan materi yang diberi judul 'Peran TNI Dalam Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI'. Dia menjelaskan mengenai perbedaan ciri-ciri masyarakat di negara maju, dengan negara berkembang. Negara maju dihuni oleh masyarakat yang memiliki kebutuhan tinggi akan prestasi, memiliki disiplin yang tinggi, mempunyai tanggung jawab pribadi, menyukai tantangan, serta keunggulan dalam pekerjaan. 

Sedangkan pada masyarakat di negara berkembang memiliki ciri sensitif terhadap reaksi orang lain, anti kritik, juga mudah melakukan penyelewengan. 

"Saya yakin anggota DPR RI termasuk ke dalam ciri-ciri masyarakat maju," kata Moeldoko, Rabu (27/8).

Moeldoko berulang kali mengingatkan supaya anggota DPR RI tidak salah langkah dalam membuat kebijakan. Kemacetan politik yang terjadi dapat dimunculkan, dapat pula dipecahkan oleh anggota DPR RI. 

"Hati-hati, begitu salah membuat kebijakan akan banyak prajurit yang menjadi korban," kata jenderal bintang empat ini.

Panglima TNI mengatakan bahwa potensi konflik di Indonesia adalah masalah Ideologi. Antara lain degradasi pengamalan Pancasila sebagai ideologi bangsa, keinginan kelompok tertentu mengubah Pancasila dengan ideologi lain).

Lalu masalah Politik seperti sengketa Pemilu dan demokrasi transaksional. Di bidang ekonomi, masalah hutang luar negeri, masalah BBM, defisit anggaran perdagangan bebas,serta pencucian uang. 

Masalah sosial Budaya berupa kemiskinan, pengangguran meningkat, kerusakan lingkungan hidup, korupsi, konflik SARA, wabah penyakit, narkoba, dan TKI ilegal). 

"Masalah Hankam yang meliputi separatisme, terorisme, masalah perbatasan kejahatan lintas negara," kata Moeldoko.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner