Select Language

Kamis, 28 Agustus 2014

Len Industri dan Thales Nederland Perbarui MoU

http://www.rmol.co/images/berita/normal/397446_04292326082014_len_dan_thales.JPG
RMOL. Kementerian Pertahanan RI melalui program Kredit Ekspor mendatangkan dua kapal kombatan jenis Perusak Kawal Rudal (PKR). Pengadaan kapal PKR ini dimaksudkan untuk lebih memperkuat sistem pertahanan dan keamanan Indonesia.
Adapun pemenang tender PKR yakni, untuk shipyard dari Belanda, yaitu Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS), berpartner dengan sebuah perusahaan elektronika pertahanan terkenal asal negeri kinci angin yaitu Thales Nederland (TNL) sebagai Lead Integrator SEWACO (Sensor, Weapon, and Command).
Untuk mematuhi regulasi pemerintah, sesuai UU 16/2012 tentang Industri Pertahanan,  yang mengharuskan adanya local content danoffset dalam setiap pengadaan alutsista dari luar negeri, maka Thales Nederland menjalin kerja sama dengan PT Len Industri (Persero) dalam pekerjaan pembuatan Combat Management System (CMS) kapal PKR ini.
Len berhasil mendapatkan kontrak ekspor software kapal perang dari Thales Nederland untuk pertama kalinya pada bulan Oktober 2013. Kontrak pertama berupa Development, Production, Testing and Supply of Software  untuk CMS kapal perang PKR telah berhasil diselesaikan tepat waktu oleh Len pada bulan April 2014.
Pada kontrak pertama tersebut, Len telah merampungkan kegiatan TOKAT (Transfer of Knowledge & Technology), dan pekerjaanPengembangan, Produksi dan Testing Integration software IFF (Identification Friend and Foe).
Untuk kontrak selanjutnya, seperti dikutip dari rilis, Len menargetkan rampung dalam jangka waktu delapan bulan, yang mencakuppengembangan, produksi dan testing integration software untuk EO Tracker, Decoy Launcher dan SAM.
Software yang dikembangkan dan diproduksi oleh Len dalam kontrak tersebut, bukan saja digunakan untuk kapal PKR pesanan pemerintah Indonesia, melainkan juga untuk memenuhi pesanan dari negara lain.
Untuk lebih meningkatkan dan memperluas kerjasama strategis antara PT Len Industri dan Thales Nederland, maka pada hari ini (Selasa, 26/8) bertempat di PT Len Industri, telah dilakukan penandatanganan MoU antara PT Len Industri (Persero) bersama Thales Nederland. Masing-masing diwakili Direktur Utama Len, Abraham Mose dan CEO Thales Nederland, Gerben Edelijn.
MoU yang ditandatangani tersebut merupakan pembaruan dan pengembangan atas MoU sebelumnya. Dengan penandatanganan MoU ini diharapkan dapat lebih memperkuat kerjasama antara PT Len Industri dan Thales Nederland, di bidang Naval Combat Management Systems dan Naval Combat System Integration di masa depan, khususnya program pembangunan PKR dan program modernisasi Sewaco kapal-kapal yang dibangun oleh Thales Nederland.[wid/ekbis.rmol.co)

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner