Select Language

Rabu, 27 Agustus 2014

Hamas dan Israel Sepakat Akhiri Perang

Hamas dan Israel Sepakat Akhiri Perang

TEMPO.CO, Gaza - Ribuan warga Palestina tumpah-ruah ke jalanan untuk merayakan kesepakatan gencatan senjata yang diteken Hamas dengan Israel guna mengakhiri kecamuk perang selama tujuh pekan di Gaza.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Selasa, 26 Agustus 2014, di daerah pendudukan Tepi Barat, mengatakan kedua belah pihak telah bersepakat melakukan gencatan senjata yang efektif berlaku sejak pukul 16.00 GMT.

Abbas memuji kesepakatan itu sebagai suatu perubahan untuk membangun sebuah bangsa baru dan mengakhiri pendudukan. Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Mesir, Qatar, dan Amerika Serikat atas peran mereka dalam memecah kebuntuhan perundingan yang dilakukan sebelumnya secara tidak langsung di Kairo.

Kantor berita Reuters dan AP mengutip keterangan pejabat Israel yang mengatakan pemerintahan Israel telah menerima kesepakatan itu. Hal yang sama juga dilaporkan sejumlah media Israel.

Pemimpin Hamas di pengasingan, Moussa Abu Marzouk, mengatakan kesepakatan tersebut merupakan sebuah kemenangan bagi perlawanan.

Kerumunan massa tampak tumplek di jalanan Gaza yang hancur berantakan akibat bombardir pasukan Israel untuk merayakan akhir permusuhan. Mereka mengangkat jari berbentuk "V" sebagai simbol kemenangan Palestina atas Israel.

Koreponden Al Jazeera, Andrew Simmons, dalam laporannya dari Gaza menerangkan bahwa kesepakatan tersebut secara otomatis menghapus blokade Israel terhadap jalur menuju Gaza dan secara perlahan mengizinkan para nelayan mencari ikan di lepas pantai. "Embargo akan segera dicabut dan bakal ada perubahan besar di lima pos perbatasan, termasuk di Rafah," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner