Select Language

Selasa, 03 September 2013

Training “Second Career” Agribisnis Hortikultura














PT PAL INDONESIA (PERSERO) Melaksanakan Training “Second Career” Agribisnis Hortikultura Kepada Karyawan Purna Tugas


Untuk memberikan nilai tambah kepada Karyawan yang telah mengikuti program restrukturisasi, dalam menghadapi masa depan yang lebih baik, PT PAL INDONESIA (PERSERO) bekerjasama dengan Asosiasi Pemasar Hortikultura (ASPERTI) JAWA TIMUR pada tanggal  1 s/d 5 Agustus 2010, telah melaksanakan pelatihan “Second Career” Agribisnis Hortikultura, di kota administrative Batu, Malang. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode klasikal dan praktek lapangan. Para peserta selain dibekali materi tentang agribisnis, macam-macam dan sifat tanaman holtikultura juga budidaya buah da sayuran mulai dari persiapan tanam, teknik penanaman, teknik pemeliharaan, pengendalian hama dan penyakit, teknik pemanenan, sampai pembuatan pupuk kompos. Penanganan pasca panen juga dipaparkan.

Yang tidak kalah pentingnya adalah pembekalan tentang analisa usaha (provitabilitas dan pemasaran). Didalam pembekalan praktek lapangan, para para peserta dilatih praktek langsung cara persiapan menanam dan teknik penanaman. Disamping itu para peserta dibekali juga cara mengelola produk buah segar (pembuatan sari apel, sari jeruk, sari jambu, Sari straberry, jenang apel, cuka apel dll), dari mulai pemilihan bahan baku, proses pembuatan, pengemasan dan pemasaran. Dalam pelatihan ini sangat ditekankan pada pengemasan dan pemasaran produk komoditi buat tersebut.

Meskipun bidang agribisnis hortikultura ini merupakan bidang yang  baru di kenal oleh karyawan PAL INDONESIA, karena selama ini yang di tekuni adalah bidang industri perkapalan, Namun  PAL INDONESIA percaya bahwa karyawan-karyawan tersebut merupakan insan-insan yang telah terlatih dalam menghadapi hal-hal yang baru, dan sekaligus sebagai tantangan untuk memasuki Second Career.  Pelatihan ini memang tidak harus mempunyai sawah dan ladang untuk bercocok tanam, namun lebih di tekankan bagaimana memahami dan menguasai tehnik pengolahan sehingga mampu menciptakan peluang usaha (entrepreneur) baru dalam bidang agri bisnis hortikultura. PAL INDONESIA menyadari bahwa tidak semua peserta pelatihan akan menekuni dan menjalani bidang ini, namum melihat antusiasnya para peserta dalam mengikuti pelatihan ini, maka PAL INDONESIA sangat yakin nantinya ada sebagian peserta yang melirik bidang usaha ini.

Seluruh jajaran management PAL INDONESIA, Sangat berbahagia karena telah berhasil melaksanakan Pelatihan “Second Career” Agribisnis Hortikultura ini dengan baik dan sesuai dengan rencana. Hal ini merupakan bentuk ucapan terima kasih kepada karyawan PAL INDONESIA yang telah memberikan pengabdiannya kepada PAL INDONESIA dan sekaligus sebagai upaya seluruh jajaran management PAL INDONESIA untuk memberikan dukungan dan bekal kepada karyawan  dalam menghadapi kehidupan baru di luar PAL INDONESIA.

Segenap jajaran management PAL INDONESIA pada kesempatan ini menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan pengabdian karyawan yang mengikuti program restrukturisasi yang ikut merintis mengembangkan PAL INDONESIA agar menjadi kebanggaan bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner