Select Language

Minggu, 22 September 2013

Dua Pesawat Pembom China Berkeliaran Di Wilayah Udara Jepang

TOKYO-(DM) : Sengketa wilayah di Laut China Timur yang melibatkan China dan Jepang kembali memanas setelah dua pesawat pembom China melintas di perairan internasional di sekitar Okinawa dan Miyako di Jepang. 

Kementerian Pertahahan China berdalih dua pesawat pembom H-6 itu terbang di perairan internasional di sekitar Okinawa dan Miyako, namun tidak bertujuan mengusik kedaulatan Jepang.
 

"Itu hanya bagian dari latihan dan patroli rutin di sepanjang wilayah China di Laut China Timur hingga ke bagian barat Pasifik tanpa melanggar wilayah udara Jepang," kata juru bicara kementerian di Beijing.
 

Kementerian Pertahanan China menyatakan latihan udara China di Pasifik Barat akan dijadikan latihan rutin tahunan tanpa dimaksudkan untuk menyasar pihak atau negara tertentu.


Seperti diketahui, dua pesawat H-6 yang melintas di sekitar Okinawa dan Miyako pada Minggu kemarin. Biro Informasi Kementerian Pertahanan China menegaskan keberadaan dua pesawat itu sebagai bentuk latihan rutin dilalui dari wilayah China di Laut China Timur hingga ke Pasifik Barat.
 
"China memiliki kebebasan untuk melakukan aktivitas apapun, termasuk latihan militer di wilayah perairan dan udara yang menjadi bagian dari kedaulatannya," demikian pernyataan Biro Infomarsi Kementerian Pertahanan China.
 

Media Jepang pun balik menuduh keberadaan dua pesawat pembom China di sekitar wilayah udara Okinawa dan Miyako merupakan salah satu cara China untuk memamerkan kekuatannya dan memprovokasi Jepang.


Sumber : JaringNews

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner