Select Language

Minggu, 22 September 2013

PM Baru, Australia Diharap Bisa Beri Dampak Positif ke Timor Leste

Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbott. (Foto: Reuters)
JAKARTA:(DM)  - Terpilihnya Perdana Menteri (PM) Australia yang baru Tony Abbott diharapkan pemerintah Timor Leste dapat memberi dampak yang baik bagi negara tetangganya.

Harapan tersebut terlontar dari mulut Menteri Luar Negeri Timor Leste, Jose Luis Gutierrez ketika berkunjung ke Jakarta, Senin (9/9/2013).

"Kami turut senang atas terpilihnya Abbott. Saya mewakili rakyat Timor Leste mengharapkan adanya peningkatan kerjasama, khusunya dalam bidang perminyakan. Untuk diketahui, Timor Leste memang memiliki kerjasama dalam bidang perminyakan dengan Australia," jelas Gutierrez.

Menteri Luar Negeri lulusan Oxfrod ini juga menginginkan Abbott tidak mengubah beberapa kebijakan yang sudah dibuat pendahulnya, Kevin Rudd, terhadap beberapa jenis kebijakan. Meskipun demikian, Gutierrez meminta hubungan kedua negara tidak berlangsung statis dan harus ada kemajuan dalam ke arah positif.

Dalam pernyataan penutupnya, Gutierrez menyamakan hubungan Timor Leste dengan Australia sama halnya akan Indonesia dengan Australia. Menurut Gutierrez, Indonesia menjadi fundamental ekonomi Timor Leste dengan adanya perusahaan Indonesia yang melakukan ekspansi ke Timor Leste.

Hubungan Timor Leste dan Australia, menilik dari sejarah Timor Leste, merupakan hubungan dekat yang panjang. Bahkan Negeri Kangguru ini merupakan salah satu pendukung lepasnya Timor Timur -nama Timor Leste saat masih bagian dari Indonesia. Banyak pihak menilai dukungan dari Australia dikarenakan adanya potensi sumber daya alam yang besar di tanah Timor Leste. (ade)

okezone 

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner