Select Language

Jumat, 16 Agustus 2013

Amerika Serikat Hibahkan 24 Pesawat F16

JAKARTA - Kementerian Pertahanan akan melakukan modernisasi terhadap Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI apabila pembahasan pagu anggaran yang diajukan sebesar 64 trilliun tersebut disetujui oleh DPR dan Pemerintah.
 
Menurut Wamenhan, Sjafrie Sjamsoedin anggaran tersebut akan difokuskan pada seluruh institusi TNI.
 
"Kita mau fokuskan adalah bagaimana modernisasi AD, AU dan AL. Oleh karena itu angkatan darat sekarang akan membeli, male detector tank, meriam polutser 155 mm yang kita belum punya sebelumnya, kemudian menambah helikopter serang, menambah peluru kendali multy rocket sistem, kemudian membeli anti pesawat serang atau mistral. Itu yang kita lakukan," ujar Sjafrie kepada wartawan di Jakarta, Rabu (5/10/2011).
 
Sedangkan untuk TNI Angkatan Laut kata dia akan menambah kapal diatas permukaan dan kapal selam baru. Pembelian kapal selam itu sudah direncanakan sejak tahun 2005 lalu.
 
"Untuk angkatan udara pesawat tempur dan pesawat angkut. Pesawat tempur kita akan menambah Squadron F16 dengan cara grand dari Amerika Serikat. Grand itu adalah pemberian secara cuma-cuma. Sehingga kita di prioritaskan oleh Amerika Serikat sebanyak 24 unit. Jadi kita tidak membeli pesawat tapi kita diberi pesawat. Nah pesawat itu yang di upgrade itu memerlukan anggaran," kata dia.
 
Sjafrie mengharapkan pada Oktober 2014 dapat segera melakukan latihan dengan mendapatkan sebanyak 24 pesawat F16 tambahan. Artinya TNI AU akan menambah 1 squadron F16.
 
"Kalo kita mau jumlah berarti kita punya stok 35 pesawat F16. Dan ini masih dalam proses pembahasan oleh DPR," pungkasnya.
(opx)

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner