Select Language

Sabtu, 18 Mei 2013

Prestasi di Pangkalan Utama TNI Halim Perdanakusuma harus dipertahankan



Mantan komandan Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama TNI Adang Supriyadi (kiri), Panglima Komando Udara I TNI AU, Marsekal Muda TNI M Syaugi, dan komandan baru pangkalan udara itu, Kolonel Penerbang Sri Pulung

Jakarta (MI) : Pejabat komandan Pangkalan Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, diserahterimakan dari Marsekal Pertama TNI Adang Supriyadi kepada Kolonel Penerbang Sri Pulung, Jumat. "Yang baik di sini harus dipertahankan dan ditingkatkan," kata Panglima Komando Operasi Udara TNI AU I, Marsekal Muda TNI M Syaugi.

Syaugi memimpin upacara serah terima jabatan yang juga dihadiri berbagai kolega dari lingkungan TNI AL, TNI AD, dan Kepolisian Daerah Metro Jaya itu. Di akhir upacara, dilangsungkan defile pasukan dan perlengkapan yang menjadi aset pangkalan udara di Ibukota Jakarta itu.

Menurut Syaugi, "Keberadaan pangkalan ini sangat strategis dan menentukan. Satu contoh, banyak sekali tamu penting negara datang dan berangkat dari sini sehingga bisa dibilang, pangkalan ini juga menjadi wajah Indonesia." 

Karena itulah, kata penerbang F-16 Fighting Falcon itu, komandan pangkalan ini harus peka terhadap berbagai perkembangan keadaan.

Di Pangkalan Udara Utama TNI AU Halim Perdanakusuma, terdapat Skuadron Udara VIP 17, Skuadron Udara VIP 45, Skuadron Teknik 021, Skuadron Udara 31, Skuadron Udara 2, Batalion Pasukan Khas TNI AU 461, Batalion Pasukan Khas TNI AU 467.

Selain itu, juga terdapat Markas Komando Operasi Udara TNI AU I (wilayah barat Indonesia), Markas Komando Pendidikan TNI AU, Kantor Dinas Psikologi TNI AU, Kantor Dinas Pemotretan Udara TNI AU, RS TNI AU Esnawan Antariksa, dan berbagai fasilitas militer lain.

Dengan luas sekitar 3.800 Hektare, pangkalan yang diawaki sekitar 1.500 personel ini menjadi salah satu kompleks militer terbesar di Indonesia. Dia dibelah jalan tol Jagorawi, yang sebagaian badan jalannya bisa difungsikan sebagai landas pacu pesawat terbang.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner