Select Language

Selasa, 16 April 2013

Marinir Tambah 37 Unit Thank BMP-3F Rusia

TEMPO.COSurabaya - Resimen Kavaleri-1 Marinir memesan 37 unit kendaraan tempur Tank BMP 3F buatan Rusia. Tank-tank amfibi itu dibutuhkan untuk melengkapi alat utama sistem persenjataan yang sudah ada.

"Ada 37 unit kendaraan tempur tank BMP 3F yang sudah dipesan. Sebelumnya, ada 17 tank yang sudah bergabung di Menkav-1," kata Komandan Resimen Kavaleri-1 Marinir, Kolonel Marinir Sarjito, seusai serah-terima jabatan Komandan Yontankfib-1 Marinir di Bhumi Marinir Karangpilang, Senin, 17 Desember 2012.

Menurut Sarjito, sejak 2009, TNI memperbarui semua kendaraan lapis baja. Awalnya, pada tahap pertama 20 unit tank amfibi BMP-3F akan dibeli dengan anggaran Rp 455 miliar pada 2009. Namun, karena penyusutan kurs rupiah, Indonesia baru bisa membeli 17 unit. Selain 17 unit tank amfibi, terdapat pula satu mobil bengkel. Seluruhnya diangkut dari Rusia ke Indonesia dengan menggunakan kapal kargo komersial Rusia.

Tank-tank ini dipersenjatai satu meriam tipe 2A70 kaliber 100 mm, meriam 2A72 kaliber 30 mm, senjata PKTM kaliber 7,62 3 pucuk, dan rudal Arkan yang berfungsi untuk melakukan serangan darat serta udara. BMP-3F merupakan kendaraan tempur terkuat yang dimiliki TNI AL. Bahkan, tak tersebut diklaim lebih mematikan dari tank-tank yang dimiliki AD.

Keunggulan lainnya, tank BMP-3F ini juga mengaplikasikan sistem persenjataan yang memadukan artileri, rudal, dan roket. Ketiga sistem persenjataan itu dikontrol dengan penembakan otomatis. Selain itu, tank ini mampu menembak tepat sasaran saat berenang. Menurut Sarjito, kendaraan tempur yang segera datang merupakan tank canggih namun mudah dioperasikan.

Indonesia menandatangani kontrak dengan Rusia untuk pengadaan 37 unit kendaraan tempur amfibi untuk Marinir TNI AL senilai lebih dari US$ 100 juta pada 2012. BMP-3F ditargetkan bisa dikirim ke Indonesia mulai tahun 2012 ini.

Rencana penambahan divisi marinir menjadi tiga divisi (dua divisi sekarang di Surabaya dan Jakarta) akan diikuti dengan penambahan alutsista baru. Salah satunya adalah BMP-3F yang merupakan tank terbaru marinir TNI AL. "Kendaraan tempur ini juga sudah dilengkapi hidrolis otomatis serta semua peralatannya terkomputerisasi," ujar Sarjito.

Tank BMP 3F memiliki bobot kurang lebih 18,7 ton, panjang 8 meter, lebar 3,5 meter, dan tinggi 2,5 meter, kapasitas awak tiga orang serta tujuh personel pasukan bersenjata lengkap. Saat ini, Menkav-1 secara keseluruhan memiliki 206 tank. Seluruh kendaraan tempur dan persenjataan ini siap digunakan untuk mendukung kegiatan operasional dan latihan.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner