Select Language

Selasa, 09 September 2014

MILITER RUSIA BANTAH MANUVER DI ATAS KAPAL PERANG KANADA

MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia membantah tuduhan bahwa pesawat militer mereka bermanuver di atas kapal perang kanada, di Laut Hitam. Rusia berdalih, pesawat militernya terbang biasa di wilayah udara netral di kawasan Laut Hitam.

”Rute pesawat angkatan udara Rusia melintasi wilayah udaa di mana kapal perang Kanada HMCS Toronto berlayar, tapi tanpa mendekati kapal perang asing itu," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov, kepada Itar-Tass, Selasa (9/9/2014).
 
Rusia membenarkan, pada Minggu, 7 September 2014, ada dua pesawat militer angkatan udara Rusia, terbang di wilayah udara Laut Hitam.

Dua pesawat militer itu adalah, pesawat Su-24 dan pesawat An-26. Namun, Rusia menegaskan, dua pesawat itu hanya patroli rutin dan tidak bermanuver seperti apa yang dituduhkan Kanada.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Kanada, Robert Nicholson, memprotes militer Rusia, karena menganggap militer angkatan udaranya telah bermanuver dengan pesawat di atas kapal perang Kanada. 
Nicholson, dalam sebuah pernyataan menyebut tindakan Rusia sebagai aksi provokatif dan bisa menyebabkan eskalasi ketagangan. “Bersama dengan sekutu, Departemen Pertahanan Kanada mendesak Rusia untuk menghentikan tindakan seperti itu,” demikian protes Nicholson dalam sebuah pernyataan.

Kanada bersama negara-negara NATO lainnya terlibat latihan militer bersama Ukraina di saat Rusia dan Ukraina terlibat ketegangan. Rusia telah dituduh NATO telah menyerang wilayah Ukraina timur.

Kapal perang Kanada berada di Laut Hitam untuk latihan gabungan dengan kapal-kapal perang NATO lainnya, seperti kapal perusak Amerika Serikat, Ross, dan kapal perang Prancis  Commandant Birot.


0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner