Select Language

Senin, 03 Juni 2013

Definisi Public Speaking

Public Speaking apabila ditelaah secara harfiah, maka dapat dibagi dalam 2 kosakata yaiut public yang artinya umum, khayalak banyak, secara massa dan speaking yang berarti berbicara  secara  runtut  dan  mengandung  makna. sehingga Public-Speaking dapat diartikan sebagai  tata  cara  melakukan  bicara  di  depan umum,  secara  runtut  dan  terencana,  dengan  tujuan  tertentu.
ketika seseorang melakukan kegiatan public speaking maka orang tersebut disebut sebagai public speaker, dalam profesi ini ada beberapa orang yang menggunakan kegiatan public speaking dalam menjalankan pekerjaannya, antara lain orator : ahli pidato, presenter yaitu penyaji suatu program dan biasanya berkaitan dengan media massa elektronik (dapat didengar atau bahkan dilihat), Motivator atau instruktur yakni figur yang diyakini dapat memberikan suntikan semangat kepada seseorang dalam melaksanakan pekerjaan mereka atau membina seorang pekerja dalam melaksanakan tugas dengan pekerjaan yang lebih baik.
Tujuan Kegiatan Public speaking dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
  1. sebagai pemberi informasi dimana seseorang pada tahap ini hanya memberikan pesan tanpa meminta feedback dari receiver (penerima pesan).
  2. sebagai orang yang berusaha mempengaruhi (influence) yakni untuk mengarahkan atau membentuk sikap seseorang sesuai dengan apa yang ingin sang influecer, ditahap ini khayalak menjadi patuh pada apa yang disampaikan oleh penyampai pesan. contoh pada kasus ini kita dapat lihat pada berita aktual yang akhir-akhir ini banyak dibahas yaitu modus penipuan dengan mengatasnamakan NII (Negara Islam Indonesia), pada praktek ini sang public speaker berusaha untuk mengarahkan khayalak atau peserta untuk mengikuti jalan pikiran mereka (terkait dengan teknik kami bahas dalam tulisan lain)
  3. sebagai orang yang berusaha agar orang lain ikut berpartisipasi (Participated In) yakni pesan yang disampaikan bertujuan untuk diikuti atau menjadi panutan bagi orang lain yang mendengar dan mengamati. dalam hal ini public speaker menjadi panutan bagi khayalak. hal ini dapat dilihat dari tokoh-tokoh besar dunia, misalnya nabi besar ummat islam, Muhammad S.A.W yang menjadi panutan bagi banyak ummat islam hingga hari ini.
Dalam Melaksanakan Public Speaking maka dikenal Alur kegiatan Public Speaking yang tersusun dalam tahap-tahap berikut ini :
•         Canalizing  Ideas -  dalam tahap ini, seorang public speaker terlebih dahulu memilih  pesan  yang  akan  disampaikan. Hal ini dilakukan untuk mensiasati tidak adanya kerancuan pesan karena tidak ada fokus masalah yang akan disampaikan.
•         Planning  Design -  pada tahap ini seorang public speaker merancang  tata  cara  penyampaian pesan. Yakni dengan menentukan akan memulai dengan bahasa apa, dengan gaya berbicara seperti apa, dan apakah hal-hal tersebut telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
•         Mapping  your  route -  pada tahap ini seorang public speaker merencanakan  bagan  penyampaian  pesan. Yakni menentukan terlebih dahulu apa yang akan dilakukan diawal, tengah  hingga akhir. Baik dari pembukaan, joke sebagai selingan hingga kata-kata mutiara pembangkit semangat atau pembuka inspirasi.
•         Acquiring  knowledge – pada tahap ini yang merupakan tahap terakhir bagi seorang public speaker yakni menambahkan  isi  pesan  yang  disesuaikan  dengan  tujuan  public  speaking,  baik  ilmiah  maupun  bukan  ilmiah. Dengan melakukan kegiatan terakhir ini maka pesan yang disampaikan diharapkan dapat lebih bermakna.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner