Proses Public Relations
- Menurut Cutlip and Center, proses kerja PR meliputi :
- Fact Finding : Mendefinisikan permasalahan yang dilakukan melalui penelitian dengan menganalisa situasi berupa pemahaman, opini, sikap dan perilaku publik terhadap lembaga.
- Planning : Berdasarkan pada rumusan masalah, dibuat strategi perencanaan dan pengambilan keputusan untuk membuat program kerja berdasarkan kebijakan lembaga yang juga disesuaikan dengan kepentingan publik
- Communicating : Dalam tahap ini PRO harus mengkomunikasikan pelaksanaan program sehingga mampu mempengaruhi sikap publiknya yang mendorong mereka untuk mendukung pelaksanaan program tersebut.
- Evaluating : Tahap ini melakukan penilaian terhadap hasil-hasil pelaksanaan program dari perencanaan, pelaksanaan program, pengkomunikasian, sampai keberhasilan atau kegagalan yang terjadi dari program tersebut.
METODE KERJA / PROSES TAHAPAN KERJA PUBLIC RELATIONS :
- Penelitian (Research)
- Perencanaan (Planning)
- Pengiatan (Action)
- Evaluasi (Evaluation)
Penelitian (Research)
- Tahapan pertama (fact finding) dalam memastikan informasi dan data mengenai organisasi, persoalan (problem) atau situasi, khalayak, serta sikap dan opini public.
- Segala keterangan harus diambil atau diperoleh selengkap mungkin. Berupa data faktual.
- Penelitian bisa dilakukan secara kualitatif & kuantitatif.
Perencanaan (Planning)
- Dari Tahap Penelitian meningkat ke tahap perencanaan. Pada tahap ini PRO melakukan Penyusunan masalah (problem).
- Selanjutnya dilakukan pemikiran sebuah konsep pemecahan masalah tersebut.
- kemudian dibuat sebuah perencanaan matang dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
- perencanaan termasuk waktu, kiat/cara yang dilakukan, bagaimana melakukannya, serta siapa pelakunya, termasuk anggaran dan target yang dibutuhkan.
Penggiatan (action)
- Tahapan kegiatan action dalam konteks tahapan proses PR adalah merupakan kegiatan komunikasi. Komunikasi antar persona, komunkasi kelompok dan komunikasi mass media.
Evaluasi (Evaluation)
- Evaluasi adalah tahap terakhir setelah tahapan penelitian, perencanaan dan action tersebut.
- Tujuan tahapan evaluasi adalah untuk mengetahui apakah kegitan PR tersebut benar-benar dilaksanakan menurut rencana bedasarkan penelitian atau tidak.
- evaluasi merupakan tahapan penilaian
LITERATUR :
· Prof. Drs. Onong U Effendy,M.A, Human Relations dan Public Relations. Mandar Maju Bandung 1993.
· Kustadi Suhandang. PUBLIC RELATIONS Perusahaan. Kajian Program Implementasi. Nuansa Bandung 2004.
0 komentar:
Posting Komentar