Select Language

Senin, 03 Juni 2013

METODE KERJA / PROSES TAHAPAN KERJA PUBLIC RELATIONS

Proses Public Relations
  • Menurut Cutlip and Center, proses kerja PR meliputi :
  • Fact Finding : Mendefinisikan permasalahan yang dilakukan melalui penelitian dengan menganalisa situasi berupa pemahaman, opini, sikap dan perilaku publik terhadap lembaga.
  • Planning : Berdasarkan pada rumusan masalah, dibuat strategi perencanaan dan pengambilan keputusan untuk membuat program kerja berdasarkan kebijakan lembaga yang juga disesuaikan dengan kepentingan publik
  • Communicating : Dalam tahap ini PRO harus mengkomunikasikan pelaksanaan program sehingga mampu mempengaruhi sikap publiknya yang mendorong mereka untuk mendukung pelaksanaan program tersebut.
  • Evaluating : Tahap ini melakukan penilaian terhadap hasil-hasil pelaksanaan program dari perencanaan, pelaksanaan program, pengkomunikasian, sampai keberhasilan atau kegagalan yang terjadi dari program tersebut.
METODE KERJA / PROSES TAHAPAN KERJA PUBLIC RELATIONS :
  • Penelitian (Research)
  • Perencanaan (Planning)
  • Pengiatan (Action)
  • Evaluasi (Evaluation)
Penelitian (Research)
  • Tahapan pertama (fact finding) dalam memastikan informasi dan data mengenai organisasi, persoalan (problem) atau situasi, khalayak, serta sikap dan opini public.
  • Segala keterangan harus diambil atau diperoleh selengkap mungkin. Berupa data faktual.
  • Penelitian bisa dilakukan secara kualitatif & kuantitatif.
Perencanaan (Planning)
  • Dari Tahap Penelitian meningkat ke tahap perencanaan. Pada tahap ini PRO melakukan Penyusunan masalah (problem).
  • Selanjutnya dilakukan pemikiran sebuah konsep pemecahan masalah tersebut.
  • kemudian dibuat sebuah perencanaan matang dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • perencanaan termasuk waktu, kiat/cara yang dilakukan, bagaimana melakukannya, serta siapa pelakunya, termasuk anggaran dan target yang dibutuhkan.
Penggiatan (action)
  • Tahapan kegiatan action dalam konteks tahapan proses PR adalah merupakan kegiatan komunikasi. Komunikasi antar persona, komunkasi kelompok dan komunikasi mass media.
Evaluasi (Evaluation)
  • Evaluasi adalah tahap terakhir setelah tahapan penelitian, perencanaan dan action tersebut.
  • Tujuan tahapan evaluasi adalah untuk mengetahui apakah kegitan PR tersebut benar-benar dilaksanakan menurut rencana bedasarkan penelitian atau tidak.
  • evaluasi merupakan tahapan penilaian
LITERATUR :

·         Prof. Drs. Onong U Effendy,M.A, Human Relations dan Public Relations. Mandar Maju Bandung 1993.
·         Kustadi Suhandang. PUBLIC RELATIONS Perusahaan. Kajian Program Implementasi. Nuansa Bandung 2004.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner