Select Language

Rabu, 08 Desember 2010

Hapus virus Cabir [Worm.SymbOS.Cabir.a]
Virus cabir adalah salah satu virus yang populer dan menginfeksi tipe handset dengan operating system Symbian. Virus ini menyebar melalui bluetooth antar handphone.

Sejauh ini virus tersebut tidak menyebabkan kerusakan pada hardware handphone, menurut informasi pembuatnya menyebut virus ini sebagai contoh yang memperlihatkan handphone rentan terhadap infeksi virus.

Ciri-ciri terinfeksi yaitu Battere menjadi cepat habis (virus ini berusaha mencari target melalui bluetooth sehingga menghabiskan resource cell battere)

Dalam menjalankan aksinya, virus Caribe membutuhkan perintah eksekusi dari si penerima surat. Pada layar handphone akan muncul tulisan pesan Caribe, yang bila dieksekusi akan membuat virus langsung masuk ke sistem operasi dan proses penyebaran pun berlangsung. Cara kerja dari Caribe mirip dengan virus komputer, pertama penularan dilakukan file caribe.sis yang berisi worm. File ini akan mengeksekusi file caribe.app, pengenal sistem flo.mdl dan file data caribe.rsc. File sis mengandung setting otomatis autostart yang secara otomatis akan menjalankan caribe.app sesaat setelah file sis di-install. Kedua, setelah caribe.app dieksekusi kemudian akan berkembang biak menjadi tiga file yang menginfeksikan worm ke dalam tiga lokasi yang berbeda dalam sistem operasi handphone. Dari sini virus akan bekerja menscan handphone lainnya yang berada pada jarak jangkauan sekira 30 meter. Virus Caribe tidak berhenti bekerja, sambil melakukan scanning, virus akan merekonstruksi file caribe.sis dari komponen worm yang berada di file caribe.app. Sehingga proses infeksi pun berlangsung secara kontinyu. Kehadiran Caribe telah membuat perusahaan handphone dan antivirus menjadi lebih waspada lagi. Graham Cluley dari perusahaan anti virus Sophos Plc menyatakan, meskipun saat ini Caribe tidak menunjukkan potensi yang membahayakan. Namun menunjukkan sudah saatnya dibuat teknologi anti virus baru yang juga menjangkau handphone. Menghadapi Caribe, perusahaan Symbian langsung mengeluarkan teknologi penangkalnya. Dalam situsnya http://www.symbian.com menyarankan, pemilik handphone yang terinfeksi Caribe untuk membawa ke servis resmi bila kesulitan menghilangkan virus ini. Adapun langkah yang bisa dipakai untuk menghilangkan virus Caribe dari dalam handphone adalah dengan cara meng-install program file manager ke dalam telefon. Kemudian buka sistem direktori file dan hapus file-file berikut:

MMC

Ó:\system\apps\caribe\caribe.app Ó:\system\apps\caribe\flo.mdlÓ:\system\apps\caribe\caribe.rscMemori TeleponC:\SYSTEM\SYMBIANSECUREDATA\CARIBESECURITYMANAGER\CARIBE.SISC:\SYSTEM\SYMBIANSECUREDATA\CARIBESECURITYMANAGER\CARIBE.APPC:\SYSTEM\SYMBIANSECUREDATA\CARIBESECURITYMANAGER\CARIBE.RSCC:\SYSTEM\RECOGS\FLO.MDL

matikan telefon dan hidupkan kembali maka virus Caribe akan hilang dari handphone. Kalau mau lebih gampang download aplikasi cabirfix atau cabir remover dan install di handphone yang terinfeksi cabir.

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner