Select Language

Rabu, 14 Oktober 2015

Rusia Akan Kirim Pesawat untuk Padamkan Api di Indonesia

Beriev-Be-200-Altair-Prokimal-Online-Kotabumi-Lampung-Utara
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L. P. Marsudi mengatakan Rusia sedang dalam tahap akhir mengirim dua pesawat amphibi BE-200, yang dapat membawa 12 ribu liter air, untuk membantu pemadaman api di Sumatera.
“Rusia sedang menyiapkan dua pesawat amphibi yang mampu membawa 12 ribu liter air. Mereka mau membantu kita memadamkan asap,” kata Menlu Retno di kantor Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Senin (12/10).
Tak hanya Rusia yang tengah mempersiapkan bantuannya, Jepang, China, dan Thailand juga disebut akan turut bantu Indonesia memadamkan api di Sumatera dan Kalimantan.
“Pemerintah Jepang akan beri bantuan bahan kimia untuk mempercepat pemadaman, beserta dengan para ahli untuk mengoperasikan bahan kimia tersebut. Sementara Thailand dan China sedang membahas kerja sama apa yang diperlukan. Kerja sama disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan,” lanjut Menlu Retno.
Menlu Retno juga menyebutkan bantuan yang sudah diberikan ke Indonesia sejauh ini bukan berbasis komersial. Menlu perempuan pertama Indonesia ini juga mengatakan bantuan disesuaikan kebutuhan di lapangan, lama bantuan yang diberikan juga sesuai dengan kondisi di lapangan.
Adapun bantuan yang telah tiba di Indonesia berasal dari Malaysia dan Singapura. Dua negara tetangga ini memang yang paling gencar menawarkan bantuan pemadaman api untuk Indonesia.
Negeri Jiran membawa pesawat jenis Bombardir 415 MP dengan kapasitas enam ton. Negara pecahannya, Singapura memberikan helikopter Chinook dengan kapasitas lima ton.
Tak hanya dua negara tetangga itu, Australia juga disebut akan membantu dengan sebuah pesawat Hercules dengan water bombing yang mampu mengangkut 15 ton liter air.
Merdeka.com

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner