Select Language

Minggu, 20 September 2015

Pengembangan Helikopter Berkaki Belalang

heli-berkaki-belalang
Helikopter biasanya akan kesulitan mendarat di permukaan yang tidak rata. Beda halnya dengan serangga terbang macam belalang yang bisa “nemplok” hampir di mana saja karena punya kaki-kaki yang mampu disesuaikan dengan kontur benda tempatnya hinggap.
Oleh sebab itulah, badan riset departemen pertahanan AS (DARPA) mengembangkan kaki-kaki robot untuk dipasang di bawah tubuh helikopter.
Tujuannya adalah membantu helikopter agar bisa mendarat di permukaan yang tidak rata, seperti yang mampu dilakukan oleh belalang tadi.
Dalam sebuah video demonstrasi yang dirangkum Nextren dari The Verge, Jumat (18/8/2015). DARPA terlihat sudah mulai coba-coba menerapkan kaki robot di helikopter mainan radio control.
Si helikopter tampak benar-benar mampu mendarat di permukaan benda yang memiliki tinggi berbeda. Sebagian kaki robot menginjak tanah, sementara lainnya menapak di balok kayu yang diletakkan di atas tanah.
Rahasianya terletak pada sensor khusus yang mampu menentukan sudut pendaratan terbaik ketika akan landing. Kaki-kaki robot lantas digerakkan agar mengikuti bentuk permukaan tempat mendarat.
Menurut DARPA, kaki-kaki robot yang dikembangkan bersama dengan Georgia Institute of Technology ini juga bisa dipakai membantu helikopter mendarat di kapal laut yang sedang terombang-ambing di tengah lautan berombak, atau daerah bencana untuk operasi SAR.
Kaki-kaki robot tersebut masih harus dikembangkan lebih lanjut sebelum bisa dipakai di helikopter sungguhan. Tapi tak ada salahnya menyimak teknologi yang terinspirasi dari serangga di alam ini. Demonstrasi selengkapnya bisa dilihat dalam video di bawah.
SRIPOKU.com

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner