Select Language

Minggu, 02 Agustus 2015

India Pakistan Gabung Blok Keamanan Rusia dan China

Shanghai Cooperation Organisation
Beijing – Sebuah langkah mengejutkan diambil dua negara yang kerap berseteru, yakni India dan Pakistan. Keduanya secara bersamaan memutuskan untuk bergabung dengan blok keamanan yang dipimpin oleh China dan Rusia.
Kedua negara tetangga itu bergabung dengan Shanghai Cooperation Organisation (SCO), dimana sebelumnya India dan Pakistan, bersama dengan Afghanistan adalah pengamat di SCO.
India dan Pakistan akan menyusul China, Rusia, Tajikistan, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Kirgiztan yang telah terlebih dahulu bergabung dengan kelompok itu. Bergabungnya kedua negara itu juga menjadi penambahan anggota pertama sejak SCO terbetuk empat tahun lalu.
Wakil Menteri Luar Negeri China Cheng Guoping, seperti dilansir Reuters pada Selasa (7/7/2015) mengatakan, bergabungnya kedua negara tersebut akan menjadi awal perkembangan SCO. Karena, lanjut Cheng, bergabungnya kedua negara itu akan menjadi stimulus untuk negara lain untuk bergabung dengan SCO.
“Seiring dengan pengaruh dari perkembangan SCO yang semakin luas, semakin banyak negara-negara di kawasan ini yang tertarik untuk bergabung. Bergabungnya India dan Pakistan akan berperan penting dalam perkembangan SCO. SCO akan memainkan peran yang membangun perbaikan hubungan bilateral mereka,” sambungnya.
Saat ini kedua negara tersebut telah melengkapi beberapa persyaratan untuk menjadi anggota SCO. India dilaporkan akan terlebih dahulu diterima oleh SCO menjadi anggota, karena sudah mendapat persetujuan dari negara anggota SCO lainnya. Sedangkan permohonan keanggotaan Pakistan sedang dipertimbangkan, oleh anggota yang lain.
Organisasi yang bermarkas di Beijing, China ini awalnya bernama Shanghai Five yang beranggotakan China, Kazakhstan, Rusia, Kirgiztan, dan Tajikistan. Setelah bergabungnya Uzbekistan pada 2011 mereka memutuskan untuk berganti nama. Kerjasama yang dilakukan organisasi ini mencakup bidang politik, ekonomi, dan militer
Sindonews.com

0 komentar:

Poskan Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner