Select Language

Selasa, 03 September 2013

Raih The Best BUMN Innovation Award 2013










PAL Indonesia  Raih The Best Bumn Innovation Award 2013
Jakarta, 27 Juni 2013, Ajang adu inovasi di lingkungan BUMN seluruh Indonesia yang di gelar mulai bulan April 2013 lalu, diawali dengan pengisian questioner tentang innovasi yang akan ditampilkan dalam lomba. Tahap berikutnya adalah tahap interview oleh Dewan Juri Independent dan puncaknya di umumkan di Jakarta Convention Centre pada hari ini, 27 Juni 2013. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membuka acara BUMN Expo 2013 yang digelar selama tiga hari, mulai 27-30 Juni 2013, di Hall A, Jakarta Convention Centre.
Beberapa BUMN seperti PT Semen Gresik, Bank BNI, PT Dahana dan BUMN lainya berhasil menyabet penghargaan di beberapa kategori, termasuk PT PAL Indonesia (Persero) berhasil mendapat penghargaan The Best Technology Innovation of Manufacture Sector dengan inovasi Teknologi Las Otomatis (WeldCare) yang diikuti oleh 43 BUMN dengan 110 inovasi unggulan BUMN.
 Robot las ini lahir dari ide seorang pakar pengelasan dari PT PAL Indonesia DR. Ir. M.  Zaed Yuliadi, MSc yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Divisi Teknologi. “Mesin ini kami buat dengan memanfaatkan material sisa produksi untuk komponen mekanik, dan komponen elektroniknya memanfaatkan produk lokal“ tegas beliau saat ditanya oleh Pak Dahlan Iskan pada kunjungannya di stand PAL Indonesia (Persero).
 Expo dan award ini merupakan rangkaian program BUMN Innovation Award 2013 yang diselenggarakan di JCC. “Jika kita melihat semua innovasi yang telah dilakukan oleh semua BUMN kita ini, maka sebenarnya ujung tombak inovasi teknologi adalah kita para BUMN ini”, ujar Pak Dahlan. BUMN Innovation Award 2013 mengambil tema "Innovation for Indonesia". Berbeda dengan award lainnya, kegiatan ini fokus untuk mendorong munculnya inovasi teknologi dan produk unggulan BUMN. "BUMN merupakan penggerak ekonomi nasional, karenanya harus juga menjadi penggerak inovasi di Indonesia," ujar Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam sambutannya.
 Selain mesin las otomatis tersebut PT PAL Indonesia (Persero) juga menampilkan beberapa produk unggulan sejalan dengan hasil yang dicapai, berupa prototype berbagai jenis produk kapal perang yang telah dibangun dan innovasi teknologi yang akan dikembangkan dan menggambarkan kemampuan perusahaan dalam alih teknologi yaitu mulai dari tipe : Fast Patrol Boat 38 Meter, 57 Meter, Kapal Cepat Rudal 60 mater (KCR-60), Landing Platform Dock 125 meter (LPD-125), SSV 120 Meter sebagai pengembangannya, dan Submarine DSME 209, serta kemampuan Harkan berbagai jenis kapal sampai 50.000 DWT. Beberapa produk kapal seperti DSBC 50.000 Dwt (Star 50) yang dihasilkan didukung oleh penggunaan mesin las otomatis (Weldcare) ini.
 Semoga dengan keikutsertaan PT PAL Indonesia (Persero) dalam pameran BUMN Inovasi ini, yang dihadiri para Petinggi Kementerian BUMN serta jajaran Direksi BUMN, akan lebih meningkatkan sinergitas antar BUMN dan mewujudkan kemandirian Bangsa ini

0 komentar:

Posting Komentar

hackerandeducation © 2008 Template by:
SkinCorner